Permasalahan koneksi ke jaringan (workstation)
Komputer tidak bisa terhubung ke jaringan- Tanda2nya tidak ditemukan komputer lain dalam network neighborhood (induk jaringan)
- Cek pada properties jaringan dengan membuka control panel > network connection > Local Aren Network > klik kanan > properties
- Perikasa komponen jaringan meliputi network adapter, protocol jaringan, client dan service jaringan. Untuk protocol TCP/IP periksa IP addreas, sebelumnya minta konfirmasi dari Admin jaringan apakah ini diset statis (menggunakan IP) atau dynamic (automatic)
- Periksa juga identitas computer dengan membuka tab Identification pada kotak dialog network properties.
- Cek juga system properties dan pastikan menggunakan device driver yg sesuai dan tidak terjadi bentrokan
- Bila sudah melakukan langkah diatas selanjutnya periksa instalasi, periksa hubungan kabel jaringan (menggunakan alat multitester).
- Cek kartu jaringan (Ethernet chard) bisa di copot dan di pasang kembali trus restart computer.
- Langkah terakhir bisa di konfigurasi ulang setting network dengan menggunakan device driver yang sesuai.
- Kalo belum bisa juga ganti aja sama yang baru kartu jaringannya kl perlu komputernya sekalian� hehehe.
- Yang pertama periksa dan pastikan komputer sudah terhubung ke jaringan dimana printer itu berada.
- Periksa komputer sudah terinsatal device driver sesuai dengan jenis printer. Caranya liat aja di print and faxes udah ada belum n kl belum di install bisa di install dulu dengan add printer atau kl dah tau IP addreas printer jaringannya bisa di Start > Run > trus ketik \\IP_Addreas
- Langkah selanjutnya cobalah test print dari printer properties yg bersangkutan
- Kalo masih error kemungkinan system aplikasinya n bisa di upgrade or dinstall ulang tuk printer tersebut.
Komputer tidak bisa membuka dan menyimpan data pada komputer lain (jaringan)
- Periksa apakah komputer yang dituju sudah aktif atau belum, bisa diliat di network neighborhood atau tanya langsung sama orang yg memakainya atau juga bisa menggunakan fasilitas Find > Computer > Start
- Periksa disk pada komputer yg dituju apakah di sharing
- Periksa user name dan hak akses ke komputer yang dituju apakah diberikan hak untuk membuka, menyimpan atau full akses dan sebaliknya.
- Repair koneksi jaringan dan Restart computer.
Host Conflict = nama Host / PC yang sama
Teknis, Kabel LAN tidak nyampai, keran segmen terlalu panjang (hrs dikuatkan dengan Repetarer/switch)
Masalah keamanan, misal File Sharing (curi-curi data)
Masalah di LAN card, Lampu nyala tp tidak bisa (mungkin card mati)
Netwrok Braodcast, jika LAN terlalu bnayak PC. Jaringan jadi lambat.
Virus ARP spoofing --> luamayan report
ConversionConversion EmoticonEmoticon